Timer

Jumat, 25 September 2015

Unknown

Waduhh.. bahayanya sinusitis!


Sinusitis adalah infeksi dirongga sinus. Rongga sinus adalah suatu rongga yang dinding tulang dalamnya berisi udara. Manusia memiliki beberapa sinus, antaralain sinus maxillary (pipi), sinus ethmoid (antara kedua mata), sinus frontal (dahi), sinus sphenoid (di belakang mata). Sinusitis bisa mengenai satu sinus, dua sinus bahkan semua sinus.

Sinusitis bisa disebabkan jamur, bakteri, virus dan alergi. Bisa juga akibat flu yang tidak diobati secara tuntas. Flu yang berkepanjangan ini bisa mengakibatkan lender dari hidung masuk kedalam rongga sinus. Lender yang telah masuk ini tidak bisa keluar lagi. Hal ini disebabkan karena pada penderita flu rongga hidungnya terjadi pembengkakan sehingga antara rongga sinus dengan rongga hidung tertutup.

Sinusitis pada umumnya dapat dibagi menjadi sinusitis akut dan kronis. Pada sinusitis akut ditandai oleh gejala demam, nyeri didaerah sinus yang terinfeksi, ingus kental kuning kehijauan, lendir mengalir ke tenggorok, flu berat dan sakit kepala.

Sedangkan pada sinusitis kronis gejala khasnya berupa ingus mengeluarkan bautak sedap, lendir mengalir ketenggorok tak kunjung hilang, batuk berkepanjangan, disertai sakit kepala yang tak kunjung hilang meski sudah diberi obat sakit kepala.
Sinusitis harus segera diatasi, sebab mudah kambuh, terutama bagi mereka yang memiliki alergi dan harus rajin control kesehatan kedokter.

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :