Timer

Minggu, 04 Januari 2015

Unknown

Bagaimana cangkang telur ayam terbentuk ?



Komposisi utama dari cangkang telur adalah kalsit, yaitu bentuk kristalin dari kalsium karbonat (CaCO3).  Bobot rata-rata sebuah cangkang telur sekitar  5 g dan 40%-nya adalah kalsium. Sebagian besar kalsium mengendap dalam kurun waktu 16 jam. Ini berarti laju deposisinya sekitar 125 mg/jam. Akan tetapi, tidak ada ayam yang dapat mengkonsumsi kalsium sebanyak ini dalam tempo sesingkatnya. Sebagai gantinya, kalsium dipasok oleh massa-massa tulang khusus yang terdapat pada tulang ayam, yang mengumpulkan cadangan kalsium dalam jumlah besar untuk pembentukan cangkang {komponen kalsium anorganik dari tulang ialah kalsium fosfat, Ca3(PO4)2, suatu senyawa yang juga tak larut}. Jika ayam diberi pakan rendah kalsium, cangkang telurnya menjadi semakin menipis; ayam dapat menggunakan 10% dari jumlah seluruh kalsium dalam tulangnya hanya untuk membentuk sebutir telur! Bila pasokan pakanya terus-menerus rendah kalsium, produksi telur ayam akan terhambat dan pada suatu waktu tertentu ayam akan berhenti bertelur.

Biasanya, bahan bakunya, ion Ca2+ dan ion CO32-, dipasok oleh darah kekelenjar cangkang. Proses kalsifikasinya adalah reaksi pengendapan. Didalam darah ion Ca2+ bebas akan berada dalam kesetimbangan dengan ion kalsium yang terikat pada protein. Ketika ion bebas diambil oleh kelenjar cangkang, lebih banyak lagi akan dihasilkan dari penguraian kalsium yang terikat protein. Ion karbonat yang diperlukan untuk pembentukan cangkang telur adalah produk samping metabolisme.

Ayam tidak memiliki kelenjar keringat sehingga harus bernafas pendek untuk mendinginkan tubuhnya. Dengan cara demikian maka konsentrasi CO2 akan dilepas keluar dari dalam tubuh ayam dibandingkan dengan pernapasan normal.

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :